RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
I.
Identitas Mata
Pelajaran
1.
Nama Sekolah : Mts
2.
Mata Pelajaran : Fiqih
3.
Materi Pokok :
Puasa
4.
Kelas/ Semester
: VIII
/ 1
5.
Waktu : 1x20 ( 1 kali pertemuan )
II.
Kemampuan
Dasar/ Tujuan Pembelajaran
1.
Standar
Kompetensi
Memahami tatacara haji
dan mampu mengamalkan pada waktunya
2.
Kompetensi
Dasar
a.
Menjelaskan
pengertian haji
b.
Menyebutkan
dalil tentang haji
c.
Menyebutkan
syarat wajib haji
d.
Menyebutkan
rukun haji
3.
Indikator
a.
Mampu menjelaskan pengertian haji
dengan baik
b.
Dapat membacakan dalil tentang haji
c.
Mampu menyebutkan syarat wajib haji dengan baik
d.
Dapat menyebutkan rukun haji dengan benar
III.
Materi
Pembelajaran
1.
Pengertian haji
2.
Dalil tentang
haji
3.
Syarat wajib
haji
4.
Rukun haji
IV.
Metode dan
Pendekatan
Metode yang digunakan variasi antara ceramah, tanya jawab, dan
resitasi. Dengan menerapkan pendekatan rasional.
V.
Media/ Alat
Pembelajaran
In-fokus
VI.
Strategi
Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
a.
Menyiapkan
mental set siswa
b.
Pengenalan
ruang lingkup satuan bahasan
c.
Orientasi
satuan bahasan
d.
Apersepsi dan
motivasi
2.
Kegiatan Inti
a.
Guru
menjelaskan pengertian haji dan menunjukkan dalil tentang haji, siswa
memperhatikan penjelasan guru.
b.
Satu atau dua
orang siswa menjelaskan kembali pengertia haji.
c.
Bersama siswa,
guru menjelaskan syarat wajib dan rukun haji kemudian meminta siswa
menyebutkannya kembali.
d.
Guru dan siswa
melakukan tanya jawab untuk memperdalam pemahaman materi.
3.
Kegiatan Akhir
a.
Meyimpulkan
materi yang telah disampaikan.
b.
Melakukan
penilaian akhir (pos tes )
c.
Memberi tugas
kepada siswa. ( pekerjaan rumah)
VII.
Sumber Belajar
Buku materi pendidikan islam
VIII.
Penilaian
1.
Prosedur
penilaian
a.
Penilaian
proses belajar dengan observasi
b.
Penilaian hasil
belajar dengan tes lisan
2.
Alat penilaian
a.
Item tes
berbentuk uraian
3.
Instrumen
penilaian
a.
Coba jelaskan
pengertian haji !
b.
Siapa yang bisa
menyebutkan dalil tentang haji ?
c.
Sebutkan syarat
wajib haji !
d.
Ada berapa
rukun haji ? coba sebutkan !
Jakarta, 17 April 2012
Mengetahui
Guru
Pamong, Mahasiswa
PPL I
(..................................) ()