WELCOME

selamat datang wahai para pencari tuhan, kami akan membantu anda memasuki dunia yang penuh warna...

Sabtu, 02 Juni 2012

RPP Fiqih Mts


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

I.                   Identitas Mata Pelajaran
1.      Nama Sekolah       : Mts
2.      Mata Pelajaran       : Fiqih
3.      Materi Pokok         :  Puasa
4.      Kelas/ Semester     : VIII / 1
5.      Waktu                    :  1x20 ( 1 kali pertemuan )

II.                Kemampuan Dasar/ Tujuan Pembelajaran
1.      Standar Kompetensi
Memahami tatacara haji dan mampu mengamalkan pada waktunya
2.      Kompetensi Dasar
a.       Menjelaskan pengertian haji
b.      Menyebutkan dalil tentang haji
c.       Menyebutkan syarat wajib haji
d.      Menyebutkan rukun haji
3.      Indikator
a.       Mampu  menjelaskan pengertian haji dengan baik
b.      Dapat membacakan dalil tentang haji
c.       Mampu menyebutkan syarat wajib haji dengan baik
d.      Dapat menyebutkan rukun haji dengan benar

III.             Materi Pembelajaran
1.      Pengertian haji
2.      Dalil tentang haji
3.      Syarat wajib haji
4.      Rukun haji
IV.             Metode dan Pendekatan
Metode yang digunakan variasi antara ceramah, tanya jawab, dan resitasi. Dengan menerapkan pendekatan rasional.

V.                Media/ Alat Pembelajaran
In-fokus
VI.             Strategi Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal
a.       Menyiapkan mental set siswa
b.      Pengenalan ruang lingkup satuan bahasan
c.       Orientasi satuan bahasan
d.      Apersepsi dan motivasi
2.      Kegiatan Inti
a.       Guru menjelaskan pengertian haji dan menunjukkan dalil tentang haji, siswa memperhatikan penjelasan guru.
b.      Satu atau dua orang siswa menjelaskan kembali pengertia haji.
c.       Bersama siswa, guru menjelaskan syarat wajib dan rukun haji kemudian meminta siswa menyebutkannya kembali.
d.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab untuk memperdalam pemahaman materi.
3.      Kegiatan Akhir
a.       Meyimpulkan materi yang telah disampaikan.
b.      Melakukan penilaian akhir (pos tes )
c.       Memberi tugas kepada siswa. ( pekerjaan rumah)

VII.          Sumber Belajar
Buku  materi pendidikan islam
VIII.       Penilaian
1.      Prosedur penilaian
a.       Penilaian proses belajar dengan observasi
b.      Penilaian hasil belajar dengan tes lisan
2.      Alat penilaian
a.       Item tes berbentuk uraian
3.      Instrumen penilaian
a.       Coba jelaskan pengertian haji !
b.      Siapa yang bisa menyebutkan dalil tentang haji ?
c.       Sebutkan syarat wajib haji !
d.      Ada berapa rukun haji ? coba sebutkan !


Jakarta, 17 April 2012
             Mengetahui
Guru Pamong,                                                                         Mahasiswa PPL I

      (..................................)                                                                   ()